Mengenal Warna CMYK dan RGB

 RGB dan CMYK  


percetakanbinary

Apa itu RGB ?

RGB sendiri merupakan singkatan dari rangkaian kata bahasa inggris Red-Green-Blue. Palet warna ini sering digunakan untuk beberapa device, termasuk input device seperti scanner maupun output device seperti monitor. Apabila warna-warna tersebut dikombinasikan, maka akan tercipta warna baru seperti kuning, cyan, magenta, sampai warna putih. Karena alasan tersebut RGB dikenal juga sebagai Additive Color

Additive Color adalah percampuran tiga warna primer akan menghasilkan warna putih dan pencampuran dua warna primer akan menghasilkan warna sekunder. RGB ini juga dapat digunakan untuk memberi warna pada background sampai dengan font website.

Apa itu CMYK ?

Sama seperti RGB, CMYK merupakan singkatan dari CyanMagentaYellow, dan Key(Black). Warna-warna tersebut akan dikombinasikan menjadi warna baru. Sebenarnya dengan mengkombinasikan warna cyan, magenta, dan yellow dapat menciptakan warna hitam, tetapi warna hitam yang dihasilkan tidak berwarna hitam pekat. Jadi, ditambahkan warna hitam untuk melengkapi model warna ini. CMYK ini sering digunakan dalam industri percetakan, baik gambar ataupun tulisan.

Perbedaan RGB dan CMYK

  • Susunan warna

Perbedaan yang pertama adalah susunan warnanya. Berdasarkan nama dan penjelasan di atas, sudah terlihat dengan jelas perbedaannya. RGB tersusun atas warna merah, hijau, dan biru. Sementara CMYK terdiri atas warna cyan, magenta, kuning, dan hitam.

  • Percampuran warna

Pada RGB, jika semua warna dikombinasikan maka akan terbentuk warna terang yaitu warna putih. Sementara pada CMYK, jika semua warnanya dikombinasikan akan terbentuk warna gelap yaitu warna hitam.

  • Penggunaan

Berdasarkan penggunaannya RGB ideal untuk konten digital. Contohnya seperti warna background website, warna font, konten sosial media, video, iklan digital, dan lain-lain.

Sementara itu, penggunaan CMYK idealnya untuk desain yang harus dicetak. Seperti iklan pada media cetak, poster, brosur, spanduk, desain kaus, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan :

RGB dan CMYK sama-sama warna, akan tetapi mereka berdua memiliki perbedaan dan kegunaan. Jika RGB dikombinasikan akan menghasilkan warna putih. Sedangkan jika CMYK dikombinasikan akan menghasilkan warna hitam yang tidak terlalu pekat.

Kemudian untuk RGB sendiri lebih baik diterapkan untuk konten-konten digital. Sedangkan CMYK lebih baik diterapkan untuk konten-konten cetak. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Butuh Design ? Chat Kami

Anda Pengunjung Ke-

Hosting Murah

Paling Banyak Dikunjungi

Pengikut

Inspirasi Hidup

Inspirasi Hidup

Lokasi Kami

Lokasi Kami

Pembayaran Transfer Bank

Pembayaran Transfer Bank

Pembayaran Pakai Dana

Pembayaran Pakai Dana

Pembayaran Pake OVO

Pembayaran Pake OVO